Sehat memang selalu di harapkan setiap orang. Pada kesempatan topik kali ini saya akan mengulas sedikit tentang beberapa rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masak di negara ini.

Seperti kebiasaan banyak orang di Asia ketika menyajikan hidangan makanan, mereka banyak menggunakan berbagai macam banyak rempah rempah. Ada 2 jenis yaitu Rempah Segar dan Rempah Kering.

Rempah kering seperti kayu manis, kapulaga, jahe jintan, cengkih dan lain lainnya.

Rempah tidak hanya menjadikan aroma masakan terasa sedap, rasanya pun juga enak dan menyehatkan tubuh.

Jenis rempah beserta khasiat untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Kayu Manis

Kayu ini berkhasiat untuk terapi penyakit jantung dan diabetes. Di india ada studi yang menyatakan bahwa dengan menuangkan setengah sendok teh kayu manis ke dalam minuman atau makanan bisa menurunkan kolesterol, gula dalam darah dan trigliseride.

2. Cabai Bubuk

Bubuk Cabai bisa mengurangi rasa nyeri pada bagian persendian tulang karena kandungan capsaicin pada bubuk berguna sebagai anti peradangan persendian.

3. Cengkih

Cengkih di kenal dapat menyembuhkan sakit gigi dan antiseptik yang membuat nafas lebih segar. Kandungan minyak pada cengkih mengandung eugenol yang bermanfaat sebagai anti radang dan meredakan nyeri pada kasus arthritis. Cengkih juga bisa menghangatkan tubuh dan memberi efek relaksasi dan mencegah tubuh dari masuk angin.

4. Bawang Putih

Siapa yang suka makan bawang putih ? Banyak yang tidak suka dengan aromanya, meski demikian bawang ini sebenarnya dapat menjaga kesehatan jantung dan kalau di konsumsi setiap hari, kolesterol bisa turun sampai sepuluj persen.

5. Jahe

Jahe merupakan bumbu dapur yang rasa dan aromanya pedas. Tak hanya sebagai bumbu dapur masak melainkan juga sebagai minuman kesehatan. Kandungan anti oksidan menjaga tubuh dari virus radikal bebas.

Itulah sedikit ulasan saya, sebetulnya masih banyak yang lain. Mungkin lain waktu akan kami bahas lebih jauh tentang rempah rempah. Semoga bermanfaat dan sehat selalu, Amien.